Cuap Ngga Mutu Perbankan Indonesia

Pernahkan terpikir bagaimana hidup kita bila tidak ada bank? Lebih baikkah … atau lebih buruk …

Apa yang ingin saya ketahui dari bank?

Posted by Adji Wigjoteruna pada Maret 20, 2008

Kayaknya banyak dan ngga terstruktur, misalnya :

1. Bank-bank di Indonesia (terutama yang gede2), siapa sih pemiliknya?
2. Berapa banyak uang yang berputar melalui bank? Dari mana sumbernya, kemana mengalirnya, gimana muternya?
3. Banyak orang ngomongin Giro Wajib Minimum (GWM), Non Performing Loan (NPL), Rasio Kecukupan Modal (CAR); itu maksudnya apaan ya?
4. Gimana cara nentuin bank yang bagus? Kalau sebuah bank disebut bank yang besar, apanya yang ‘besar’?
5. Mo tau juga bank-bank gede punya negara laen kayak Singapura, Malaysia, Amrik, Belanda dan hubungannya ame Indonesia?
6. Dan laen-laen.

Dari sekian banyak uneg2, saya mau mulai dulu cari tahu mengenai populasi ‘binatang’ yang disebut bank itu, karenanya saya mo jalan2 dulu ke Bank Indonesia

5 Tanggapan to “Apa yang ingin saya ketahui dari bank?”

  1. […] Komentar (RSS) « Apa yang ingin saya ketahui dari bank? […]

  2. Andi said

    Termasuk dalam struktur pasar apa perbankan?

  3. atun said

    pak adji,saya mau nanya,kalo kita ngebuka deposito di bpr aman ga ya ? soalnya bunga deposito di bpr koq jauh lebih besar dari bank umum n bank pemerintah….terima kasih sebelumnya

  4. @Atun
    Aman, asalkan tingkat suku bunganya tidak melebihi yang ditetapkan oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dan tidak melebihi Rp 2 Milyar (mulai berlaku sejak 13 Okt 2008).
    Untuk lebih jauhnya bisa ditanya ke BPR ybs apakah suku bunganya tdk melebihi yg ditetapkan LPS? Atau bisa ditanyakan ke LPS melalui http://www.lps.go.id

    Salam;

  5. Tolong bantu saya untuk mengetahui checklist yg diberikan kepada saya pada bank mana?

    Tolng juga kasih tahu bagaimana menghapus chelist tersebut.

    Atas perhatiannya dan terkabulnya permohonan saya ucapkan terimakasih

Tinggalkan Balasan

 
